Mau ngefollow??follow disini !

JADILAH SATU WARNA UNTUK MELENGKAPI WARNA PELANGI

PERTUMBUHAN EKONOMI MIKRO MAKRO INDONESIA MEROSOT ATAU MEROKET


Assalamualaikum Wr.Wb Halo teman teman kali ini saya akan membahas mengenai pertumbuhan ekonomi di indonesia , tahukah kalian perekonomian kita ini sedang dilanda krisis moneter? Bagaimana pertumbuhan ekonomi di indonesia tahun 2000-2012 ?????apakah ekonomi kian merosot??SEKTOR PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, bagaimana cara mengatasinya ??? baik, mari kita bahas satu persatu
      Assalamualaikum Wr.Wb Halo teman teman kali ini saya akan membahas mengenai pertumbuhan ekonomi di indonesia , tahukah kalian perekonomian kita ini sedang dilanda krisis moneter? Bagaimana pertumbuhan ekonomi di indonesia tahun 2000-2012 ?????apakah ekonomi kian merosot??SEKTOR PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, bagaimana cara mengatasinya ??? baik, mari kita bahas satu persatu


      Ekonomi Makro Atau Makroekonomi Adalah Studi Tentang Ekonomi Secara Keseluruhan. Makro Ekonomi Menjelaskan Perubahan Ekonomi Yang Mempengaruhi Banyak Rumah Tangga (Household), Perusahaan, Dan Pasar. Ekonomi Makro Dapat Digunakan Untuk Menganalisis Cara Terbaik Untuk Mempengaruhi Target-Target Kebijaksanaan Seperti Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Harga, Tenaga Kerja Dan Pencapaian Keseimbangan Neraca Yang Berkesinambungan.
            Ilmu Ekonomi Makro Mempelajari Variabel-Variabel Ekonomi Secara Agregat (Keseluruhan). Variabel-Variabel Tersebut Antara Lain : Pendapatan Nasional, Kesempatan Kerja Dan Atau Pengangguran, Jumlah Uang Beredar, Laju Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Maupun Neraca Pembayaran Internasional. Sementara Ilmu Ekonomi Mikro Mempelajari Variabel-Variabel Ekonomi Dalam Lingkup Kecil Misalnya Perusahaan, Rumah Tangga.
            Masalah-Masalah Makro Ekonomi Terjadi Di Setiap Negara, Baik Negara Maju Dan Juga Negara Berkembang. Oleh Karena Itu, Pemerintah Menciptakan  Kebijakan-Kebijakan Makro Ekonomi Agar Pembangunan Nasional Dapat Berjalan Dengan Baik. Makalah Ini Akan Membahas Mengenai Kebijakan-Kebijakan Makro Ekomoni Yang Ada Di Indonesia Dan Masalah Ekonomi Yang Terjadi.
            Ditinjau Dari Perannya, Ilmu Ekonomi Dapat Dibagi Ke Dalam Tiga Kelompok, Yaitu Kelompok Ekonomi Deskriptif, Teori Ekonomi (Economictheory Atau Economic Analysis) ,Dan Ekonomi Terapan (Applied Economic).
            Ekonomi Deskriptif Bertugas Mengumpulkan Keterangan-Keterangan Faktual Yang Relevan Tentang Masalah Ekonomi. Teori Ekonomi Tugas Utamanya Adalah Mencoba Menerangkan Bekerjanya Sistem-Sistem Ekonomi Tersebut. Teori Ekonomi Umumnya Dipecah Menjadi Duakelompok Besar, Yaitu
Teori Ekonomi Mikro Dan Teori Ekonomi Makro. Ekonomi Terapan Menggunakan Hasil-Hasil Pemikiran Yang Terkumpul Dalam Teori Ekonomi Untuk Menerangkandiskripsi Fakta-Fakta Yang Dikumpulkan Oleh Ekonomi Deskriprif ( Soediyono, 1983 :1).

            Indonesia Adalah Negara Berkembang Yang Masih Memiliki Masalah Khususnya Masalah Ekonomi, Baik Ekonomi Mikro Ataupun Ekonomi Makro. Hasil Analisis Dan Prediksi Berdasarkan Teori Ekonomi Berguna Sebagai Pedomanpembuatan Kebijakan Untuk Memecahkan Masalah-Masalah Perekonomian Tertentu.Permasalahan Pokok Dalam Ekonomi Makro Dapat Digolongkan Ke Dalam Dua Macam( Boediono, 1994 :1) :
a)     Masalah Jangka Pendek Atau Masalah Stabilisasi
. Masalah Ini Berkaitan Dengan Bagaimana“Menyetir” Perekonomian Nasional Dari Bulan Ke Bulan, Dari Triwulan Ke Triwulan Atau Daritahun Ke Tahun, Agar Terhindar Dari Tiga Penyakit Makro, Yaitu Inflasi, Pengangguran, Dan Ketimpangan Dalam Neraca Pembayaran.
b)     Masalah Jangka Panjang Atau Masalah Pertumbuhan
. Masalah Ini Adalah Bagaimana Kitamenyetir Perekonomian Agar Ada Keserasian Antara Pertumbuhan Penduduk, Pertambahankapasitas Produksi, Dan Tersedianya Dana Untuk Investasi.
            Dalam Makalah Ini Akan Membahas Mengenai Kondisi Makro Ekonomi Dan Bagaimana Kebijakan-Kebijan Ekonomi Makro Di Indonesia, Apakah Sudah Berjalan Dengan Baik?


            Penulisan Makalah Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Perkembangan Kondisi Makro Ekonomi Di Indonesia, Membahas Mengenai Kebijakan Makro Ekonomi Yang Ada  Masalah Makro Ekonomi Yang Sedang Terjadi Di Indonesia.








Kesimpulan:

Pertumbuhan Ekonomi Di Setiap Negara Berbeda - Beda Tergantung Dari Tingkat Pendapatan Per Kapita Suatu Negara Tersebut Dan Tergantung Dari Berapa Besar  Pendapatan / Penghasilan Dari Penduduknya. Jika Pendapatan Negara Itu Tinggi Maka Pertumbuhan Ekonominya Juga Cepat Tetapi Sebaliknya Jika Pendapatan Suatu Negaraitu Di Bawah Rata – Rata Maka Pertumbuhna Ekonominya Juga Rendah.Beberapa Ahli Ekonomi Mengemukakan Pertumbuhan Ekonomi Dengan Persepsi Yang Berbeda – Beda. Seperti Pada Alitan Klasik An Neo Klasik. Sebagai Contoh Nya :Robert Solow Mengemukakan Pertumbuhan Ekonomi Merupakan Rangkaian Kegiatanyang Bersumber Pada Manusia, Akumulasi Modal, Pemakaian Tekonologi Modern Danhasil / Output.
Dan Masih Banyak Lagi Tokoh – Tokoh Yang Mengemukakan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Arti Yang Berbeda – Beda.Pertumbuhan Ekonomi Pada Zaman Sekarang Ini Berdampak Pada Kehidupan Penduduk Suatu Negara. Semuanya Ini Berpengaruh Pada Kesejahteran Rakyat Banyak.Oleh Karena Itu Negara Terus Memajukan Pendapatan Negara Dengan Menaikkan Harga – Harga Kebutuhan Pokok Seperti Minyak Yang Katanya Bisa Menjadikan Lebih Baik Tingkat Perekonomian Kita

Saran:

Dengan Demikian Dapat Kita Sarankan Kepada Pemerintah Dengan Penjelasan Sebagai Berikut:

1.Beberapa Negara Sedang Berkembang Mengalami Ketidak Stabilan Sosial, Politik,Dan Ekonomi. Ini Merupakan Sumber Yang Menghalangi Pertumbuhan Ekonomi.Adanya Pemerintah Yang Kuat Dan Berwibawa Menjamin Terciptanya Keamanandan Ketertiban Hukum Serta Persatuan Dan Perdamaian Di Dalam Negeri. Ini Sangat

Diperlukan Bagi Terciptanya Iklim Bekerja Dan Berusaha Yang Merupakan Motor  Pertumbuhan Ekonomi.

2.Ketidakmampuan Atau Kelemahan Setor Swasta Melaksanakan Fungsientreprenurial Yang Bersedia Dan Mampu Mengadakan Akumulasi Kapital Danmengambil Inisiatif Mengadakan Investasi Yang Diperlukan Untuk Memonitori Proses Pertumbuhan.

3.Pertumbuhan Ekonomi Merupakan Hasil Akumulasi Kapital Dan Investasi Yangdilakukan Terutama Oleh Sektor Swasta Yang Dapat Menaikkan Produktivitas Perekonomian. Hal Ini Tidak Dapat Dicapai Atau Terwujud Bila Tidak Didukung Olehadanya Barang-Barang Dan Pelayanan Jasa Sosial Seperti Sanitasi Dan Program Pelayanan Kesehatan Dasr Masyarakat, Pendidikan, Irigasi, Penyediaan Jalan Dan Jembatan Serta Fasilitas Komunikasi, Program-Program Latihan Dan Keterampilan,Dan Program Lainnya Yang Memberikan Manfaat Kepada Masyarakat.

4.Rendahnya Tabungan-Investasi Masyarakat (Sekor Swasta) Merupakan Pusat Ataufaktor Penyebab Timbulnya Dilema Kemiskinan Yang Menghambat Pertumbuhanekonomi. Seperti Telah Diketahui Hal Ini Karena Rendahnya Tingkat Pendapatan Dankarena Adanya Efek Demonstrasi Meniru Tingkat Konsumsi Di Negara-Negara Majuolah Kelompok Kaya Yang Sesungguhnya Bias Menabung.

5.Hambatan Sosial Utama Dalam Menaikkan Taraf Hidup Masyarakat Adalah Jumlah Penduduk Yang Sangat Besar Dan Laju Pertumbuhannya Yang Sangat Cepat.Program Pemerintahlah Yang Mampu Secara Intensif Menurunkan Laju Pertambahan Penduduk Yang Cepat Lewat Program Keluarga Berencana Dan melaksanakan Program-Program Pembangunan Pertanian Atau Daerah Pedesaanyang Bisa Mengerem Atau Memperlambat Arus Urbanisasi Penduduk Pedesaanmenuju Ke Kota-Kota Besar Dan Mengakibatkan Masalah-Masalah Social, Politis,Dan Ekonomi.

6.Pemerintah Dapat Menciptakan Semangat Atau Spirit Untuk Mendorong Pencapaian Pertumbuhan Ekonomi Yang Cepat Dan Tidak Hanya Memerlukan Pengembanganfaktor Penawaran Saja, Yang Menaikkan Kapasitas Produksi Masyarakat, Yaitusumber-Sumber Alam Dan Manusia, Kapital, Dan Teknologi,Tetapi Juga Faktor.

9 comments:

  1. pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi pertumbuhan penduduk kan? Itu yg diajarin guru saya sih.

    Oh iya, itu kok kalimat pembukanya ada dua ya?

    ReplyDelete
  2. Gatau mau komen apa :\ eungap bacanya git~
    maaf :'(

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana gan..
    salam kenal, semoga menjadi awal pertemanan yg baik.

    ReplyDelete
  4. setuju sob,, kalau pemerintahannya tidak berwibawa pasti pertumbuhan ekonominya bakalan seret

    ReplyDelete
  5. wuihhh...berbobot nih. agak berat ni kpala bacanya. tp lumayan penting artikelnya. sekali2 perlu jg diketahui sbg warga negara yg baik. hehehe...

    ReplyDelete
  6. pertumbuhan duit #eehh.
    masih kurang paham saya.

    ReplyDelete
  7. Itu kenapa 2 paragraf pertama bunbyinya sama Git? Lo postingnya buru- buru yah?


    Yah, ilmu gue gak nyampe kalo bahas kayak ginian Git, maap.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Karena sesungguhnya Orang yang memberikan Komentar adalah Orang yang bisa menjadi pendengar yang baik.