Mau ngefollow??follow disini !

JADILAH SATU WARNA UNTUK MELENGKAPI WARNA PELANGI

POWER POINT SISTEM BUKU BESAR DAN PELAPORAN

INI ADA POWER POINT BIKINAN KELOMPOK GUE ... ANAK UNIVERSITAS PANCASILA..
TOLONG YAA KALO MAU NGAMBIL POWERPOIN GUE KASIH KOMENTAR !!! JANGAN ASAL COPY-PASTE AJA !!!
APALAGI TERNYATA KITA SEKAMPUS ???DAN TUGAS KITA SAMA? OH NOOO ....
 JANGAN SAMPE !!!
YANG GAK KASIH KOMENTAR .. GUE SUMPAHIN PERUTNYA MELEDAK DI DALAM KUBUR :D #EEHH



BACA JUGA INI SIKLUS-SIKLUS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI



  • 1. BAB 15SISTEM BUKU BESAR DANPELAPORAN KELOMPOK F : PELANGI ANGGITA PUTRI 1211215058 WINA ANNISSA SUNARYO 1211215078 FRICKA SIMANUNGKALIT 1211215103 ANDRY ALMAWDIN R 1212215033 1  
  • 2. PENGERTIANSISTEM BUKU BESAR DANPELAPORAN>> suatu pemrosesan informasi yang dilibatkan untuk memperbarui buku besar dan membuat laporan yang meringkas hasil-hasil aktivitas organisasi.
  • 3. SUMBER-SUMBER SIKLUS BESAR- fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan mengatur data dari sumber-sumber berikut ini :•Setiap subsistem siklus akuntansi memberikan informasi mengenai transaksi reguler. •Bendahara memberi informasi mengenai aktivitas pembiayaan dan investasi• Bagian anggaran memberi jumlah anggaran.• Kontroler memberi ayat jurnal penyesuaian
  • 4. AKTIVITAS BUKU BESAR DANPELAPORAN Empat aktivitas dasar yang dilakukan dalam sistem buku besar dan pelaporan ? 1. Perbarui Buku Besar 2. Memasukkan Ayat Jurnal Penyesuaian 3. Buat Laporan Keuangan 4. Membuat Laporan Manajerial
  • 5. PERBARUI BUKU BESAR(AKTIVITAS 1) Aktivitas pertama dalam sistem buku besar adalah memperbarui buku besar. Aktivitas pembaruan terdiri dari memasukkan ayat jurnal yang berasal dari dua sumber : 1. Subsistem akuntansi 2. Bendahara
  • 6. MEMASUKKAN AYAT JURNALPENYESUAIAN (AKTIVITAS 2) Aktivitas kedua dalam sistem buku besar adalah memasukkan berbagai ayat jurnal penyesuaian.  Ayat jurnal penyesuaian ini berasal dari kantor kontroler, setelah neraca saldo awal dibuat.
  • 7. MEMASUKKAN AYAT JURNALPENYESUAIAN (AKTIVITAS 2) Apakah lima kategori dasar dari ayat jurnal penyesuaian itu ? 1. Akrual (hutang gaji) 2. Pembayaran di muka (sewa, bunga, asuransi) 3. Perkiraan (penyusutan) 4. Penilaian kembali (perubahan dalam metode yang digunakan untuk menilai persediaan) 5. Perbaikan (koreksi)
  • 8. BUAT LAPORAN KEUANGAN(AKTIVITAS 3) Aktivitas ketiga dalam sistem buku besar dan pelaporan adalah membuat laporan-laporan.  Laporan laba-rugi dubuat pertama  Neraca dibuat setelahnya.  Laporan arus kas dibuat terakhir.
  • 9. MEMBUAT LAPORANMANAJERIAL (AKTIVITAS 4) Aktivitas terakhir dalam sistem buku besar dan pelaporan menghasilkan berbagai laporan manajerial. Apakah dua kategori utama dari laporan manajerial itu ? 1. Laporan pengendali buku besar 2. Anggaran
  • 10. MEMBUAT LAPORANMANAJERIAL (AKTIVITAS 4) Apakah contohnya dari laporan pengendalian itu ?  Daftar voucher jurnal berdasarkan urutan nomor, nomor akun, atau tanggal.  Daftar saldo akun buku besar. Laporan tersebut digunakan untuk memverifikasi akurasi proses memasukkannya buku besar. Apakah contohnya anggaran itu ?  Anggaran operasional (memperlihatkan pendataan dan pengeluaran yg direncanakanutk setiap organisasi)  Anggaran pengeluaran modal (masuk dan keluarnya kas proyek)
  • 11. MEMBUAT LAPORANMANAJERIAL (AKTIVITAS 4) Laporan anggaran dan kinerja harus dikembangkan atas dasar akuntansi pertanggungjawaban. Apakah akuntansi pertanggungjawaban itu ?  Akuntansipertanggungjawaban melaporkan hasil keuangan atas dasar tanggungjawab manajerial di dalam organisasi.
  • 12. PELUANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI XBRL memberikan manfaat utama dalam pembuatan dan penyebaran data keuangan secara elektronis :  XBRL memungkinkan organisasi untuk mempublikasikan hanya sekali, dengan menggunakan label XBRL.  XBRL adalah informasi yang diberikan oleh label XBRL, dapat diartikan.
  • 13. TUJUAN, ANCAMAN, DANPROSEDUR PENGENDALIAN Apakah tujuan pengendalian dalam sistem buku besar dan pelaporan itu? 1. Semua pembaruan ke buku besar diotorisasi dengan benar. 2. Semua transaksi buku besar yang dicatat, valid. 3. Semua transaksi buku besar yang valid dan diotorisasi, telah dicatat.
  • 14. TUJUAN, ANCAMAN, DANPROSEDUR PENGENDALIAN 4. Semua transaksi buku besar dicatat secara akurat. 5. Data buku besar dijaga dari kehilangan atau pencurian. 6. Aktivitas sistem buku besar dilakukan secara efisien dan efektif.
  • 15. PENGENDALIAN DALAMSISTEM BUKU BESAR DANPELAPORANProses/Aktivitas Ancaman Prosedur pengendalian yang dapat diterapkanMemperbarui Kesalahan-kesalahan Pengendalian input danbuku besar pemrosesan, laporan rekonsiliasi dan pengendalian, jejak auditAkses ke buku Kehilangan data rahasia Pengendalian akses,besar dan/atau jejak audit penyembunyian pencurianKehilangan atau Kehilangan data dan Prosedur pembuatankehancuran buku aset cadangan dan pemulihanbesar dari bencana
  • 16. ANCAMAN 1: KESALAHAN DALAM MEMPERBARUI BUKU BESAR Kesalahan yang dibuat sewaktu memperbarui buku besar dapat mengarah pada pembuatan keputusan yang tidak benar berdasarkan informasi salah yang terdapat dalam laporan kinerja keuangan. Prosedur pengendalian untuk menangani ancaman ini terbagi dalam tiga kategori: 1. Pengendalian edit input dan pemrosesan 2. Laporan rekonsiliasi dan pengendalian 3. Pemeliharaan jejak audit yang mencukupi
  • 17. PENGENDALIAN EDIT INPUT DANPEMROSESAN Ada dua sumber ayat jurnal untuk memperbarui buku besar: 1. Ayat jurnal ringkasan dari siklus SIA 2. Ayat jurnal yang secara langsung dibuat oleh bendahara atau kontroler.
  • 18. PENGENDALIAN EDIT INPUTDAN PEMROSESANAyat jurnal yang Pemeriksaan Pemeriksaan fielddibuat oleh validitasbendahara dankontroler adalah Pemeriksaan Uji kelengkapanentri data asli. saldo nolBeberapa jenis Verifikasi Membuat file ayatpengendalian edit closed-loop jurnal penyesuaianinput dan standar untuk ayat jurnal Menghitungpemrosesan penyesuaian yang total run-to-runberikut ini berulang untuk setiap untukdibutuhkan untuk periodememastikan memverifikasibahaw mereka akurasi Pemeriksaan tandaakurat dan pemrosesan batchlengkap. voucher jurnal
  • 19. LAPORAN REKONSILIASI DANPENGENDALIANLaporan rekonsiliasi dan pengendalian dapat mendeteksi apabila kesalahan dibuat selama proses pembaruan buku besar. Termasuk contoh :  Pembuatan neraca saldo  Membandingkan saldo rekening pengendali buku besar dengan saldo total buku pembantu yang terkait.
  • 20. LAPORAN REKONSILIASI DANPENGENDALIANJejak audit adalah memperlihatkan jejak sebuah transaksi di sepanjang sistem akuntansi. Jejak audit khusunya memfasilitasi tugas-tugas berikut ini :1. Menelusuri transaksi apa pun dari dokumen sumber aslinya hingga ke buku besar, dan ke laporan apapun atau dokumen lainnya yang menggunakan data itu.
  • 21. LAPORAN REKONSILIASI DANPENGENDALIAN2. Menelusuri kembali bagian apa pun yang muncul dalam sebuah laporan dari buku besar hingga ke dokumen sumber3. Menelusuri semua perubahan dalam rekening buku besar dari saldo awalnya hingga saldo akhirnya.
  • 22. ANCAMAN 2: AKSES TANPAOTORISASI KE BUKU BESAR Akses tanpa otorisasi ke buku besar dapatmengakibatkan kebocoran data rahasia kepesaing atau kerusakan buku besar. Hal tersebutjuga dapat memberikan cara untukmenyembunyikan pencurian aset.
  • 23. ANCAMAN 2: AKSES TANPAOTORISASI KE BUKU BESARBeberapa pengendalian terhadap ancaman iniadalah :  ID dan pasword pemakai  Hanya membaca akses ke buku besar  Sistem tersebut harus memeriksa keberadaan kodeotorisasi yang valid untuk setiap catatan voucher jurnal sebelum memasukkan transaksi tersebut ke buku besar.
  • 24. ANCAMAN 3: KEHILANGANATAU KERUSAKAN DATA BUKUBESARMenyediakan cadangan dan prosedur pemulihandari bencana, yang memadai untuk melindungiaset ini.Pengendalian cadangan mencakup hal-hal berikutini:1.Penggunaan label file internal dan eksternal2.Melakukan pembuatan cadangan buku besarsecara rutin.
  • 25. MANFAAT MODEL DATATERINTEGRASI Apakah manfaat dari model data yang teriteggrasi itu ?  Meningkatkan dukungan yang diberikan untuk pembuatan keputusan manajerial.  Integrasi informasi keuangan dan non keuangan.  Meningkatkan pelaporan internal
  • 26. BALANCED SCORECARD Apakah balanced scorecard itu? • Balanced scorecard adalah laporan yang memberikan perspektif multidimensi dari kinerja organisasi. • Balanced scorecard berisi berbagai ukuran yang mencerminkan empat reflecting four perspektif organisasi : Keuangan Pelanggan Operasi internal Inovasi dan pembelajaran
  • 27. GUDANG DATA Gudang data, yang berisi data baik sekarang dan masa lalu, dapat memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan yang strategis.
  • 28. GUDANG DATA Proses mengakses data yang termasuk dalam gudang data dan menggunakannya untuk pengambilan keputusan strategis sering kali disebut sebagai intelijen bisnis. Terdapat dua teknik utama yang digunakan dalam intelijen bisnis :  OnlineAnalytical Processing (OLAP)  Penggalian data (Data mining)
  • 29. MASALAH PENGENDALIANGUDANG DATA Identifikasi data, Klasifikasi data, Penilaian data, Identifikasi kerentanan, Identifikasi pengendalian,  Pemilihan pengendalian yang efektif biayanya, Evaluasi.
  • 30. SEKIAN DANTERIMAKASIH

18 comments:

  1. takut sumpah itu beneran, mau ga mau, rela ga rela, ganteng ga ganteng gue kasih komentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkwkw takut perutnya meledak ya bang ?? #ehhh .. tp makasih loooo udah komentaaar

      Delete
  2. gua kasih komentar ah, gue takut atas sumpah elu yang sangat mujarab itu hahahaha, meskipun gue ga paham ama ginian gpp ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nem bener gita kadang mantranya manjur loh hahaha

      Delete
    2. LAAAAH ini apaan deh komentar sendiri dibales sendiri -_-

      Delete
  3. haduch baru buka,, baca buku besar,,langsung suram pikiran saya,,hehehe
    trauma akuntansi...
    salam blogwalking ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. -_- salam super blogwalking juga yaaa

      trauma ??? haaahahah apalgi saya -_-

      Delete
  4. ini mengingatkanku jaman SMA dlu :)
    disuruh ulangan ekonomi ttg buku besar, jurnal penyesuaian, pajak, debit kredit dsb
    alhasil nilai jeblok karna gak belajar wkwkwkwkw
    btw aku gak cpas kok git tenang aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah itu mah pengantar akunatsi 1 .
      ini kan siatem informasi akuntansi kak

      hahahhaha :P iya kaka mei ... awas yaaa kalo copas -_-

      Delete
  5. sumber dari mana itu??? minta infonya dooong :)

    ReplyDelete
  6. sumbernya dari mana ya..??? infonya doong :)

    ReplyDelete
  7. komentarin ahhh,, takut..... disumpahin og...

    ReplyDelete
  8. aku komentar nih... jangan disumpahin yaaa

    ReplyDelete
  9. Anak UP juga? Wah aku angkatan 2014 FEB-UP. Makasih yah postingannya☺️

    ReplyDelete
  10. Wah anak UP juga nih? Aku angkatan 2014 FEB-UP. Makasih postingannya

    ReplyDelete
  11. Terimakasih ka atas postingannya, sangat membantu..

    ReplyDelete

Karena sesungguhnya Orang yang memberikan Komentar adalah Orang yang bisa menjadi pendengar yang baik.